5 Hal Ini Menjadikan Marga Sangat Penting untuk Orang Batak!

5 Hal Ini Menjadikan Marga Sangat Penting untuk Orang Batak
iadel.or.id
Jika diantara kita masih ada yang tidak mengetahui pentingnya sebuah Marga yang ada dibelakang nama kita, sebaiknya ketahui 5 hal ini. Ada alasan kenapa Marga yang kamu miliki sekarang harus tertera di akhir nama melihat manfaat dari Marga itu sendiri untuk masa depan kamu sebagai orang Batak.

Jangan salah! mungkin diantara kita ada yang beranggapan Marga adalah Marga, Marga yang saya miliki sekarang adalah turunan dari orang tua, atau yang mungkin lebih sadis Marga hanyalah sebuah identitas pengenal dari orang suku Batak. Ya, anggapan di atas tersebut bisa saja benar, tapi penjelasannya tidak sesederhana itu! Masih banyak makna yang terkadung dari Marga tersebut yang nantinya ketika Anda sudah dewasa barulah menyadari.

Yang pasti, untuk saat ini 5 hal ini menjadikan Marga sangat penting untuk orang Batak. Seterusnya nanti Anda akan rasakan hal-hal penting lain dari sebuah Marga seiring bertambahnya pemahaman Anda tentang Marga itu sendiri.

1. Marga sebagai Jalan Kesuksesan Orang Batak

Berbanggalah Anda! Tidak jarang Marga menjadi jalan kesuksesan orang suku Batak dalam karir pekerjaan atau bidang usaha yang mereka geluti.

Diskriminasi?, bukan, ini BATAK!!! Marga kami tidak sama pentingnya dengan marga-marga yang ada pada suku lain. Jangankan Marga, mengetahui orang yang baru kami temui ternyata orang Batak, kami tidak sungkan mempersilahkan ia singgah ke rumah untuk menikmati santapan yang ada.

Sama hal-nya dalam dunia kerja dan usaha. Walaupun diskriminasi tidak dibenarkan, tapi untuk kami pribadi memprioritaskan sesama orang suku Batak itu harus apalagi jika sama-sama diperantauan. Orang Batak telah menyebar ke berbagai kota di Indonesia dan menduduki posisi-posisi jabatan strategis atau menjalani bidang usaha yang beragam. Bisakah Anda berfikir ini sebuah hal yang dapat "dimanfaatkan" untuk menuju jalan kesuksesan Anda sebagai orang Batak melihat fakta di atas?

2. Marga Lebih dari Pengenal atau Identitas

Dalam hukum adat suku Batak, jelas disebutkan dan kita sama-sama ketahui jika sesama Marga dilarang keras untuk menikah. Hal ini menjadi bagian penting yang tidak dimiliki suku lain dalam kekerabatan hubungan orang suku Batak.

Tahukah Anda si suku lain hubungan pernikahan satu darah bisa saja terjadi walaupun sudah mengetahui satu sama lain?. Tapi tidak untuk orang Batak! Jodoh kami sudah ditentukan, kami hanya boleh memulai rumah tangga baru layaknya keluarga hanya diluar hubungan keluarga Marga kami!

3. Saudara Sedarah Hilang? Jangan Kahwatir, Marga dapat Mempersatukan Kembali!

Sejarah orang Batak sangat panjang. Kami telah mendiami hampir diseluruh pelosok kota negeri ini. Garis keturunan orang Batak juga kian luas seiring bertambahnya keturunan. Hal ini memungkinkan hilangnya saudara atau tidak ada lagi sebuah kabar berita dari keluarga dalam 1 Marga orang suku Batak.

Jangan kahwatir, hanya dengan beberapa komunikasi singkat Anda dapat bertemu lagi dengan 1 keturunan Anda dimanapun itu!

Yang sangat menarik dari orang suku Batak itu jika pertama kali perkenalan bukan nama yang disebutkan, melainkan Marga! (Harap dicatat dan harus dilestarikan). Bahkan untuk orang Batak nama bukan hal penting untuk diketahui orang yang baru Anda kenal. Dari kebiasaan menarik ini tidak jarang kita dapat bertukar informasi mengenai Marga yang sama-sama kita mailiki. Jadi, untuk kami orang Batak dalam mencaritahu keberadaan keturunan kami yang hilang bukan hal yang sulit bergambar pada cara berkenalan kami di atas.

4. Marga Modal Pergaulan

Dalam tata cara orang Batak bergaul, tak jarang Marga menjadi patokan dasar bagaimana menjalin hubungan dengan orang yang baru dikenal, bagaimana bertegur sapah dengan orang yang baru ditemui jika ia sesama orang Batak. Bahkan bagaimana kami memperlakukan seseorang yang baru berkenalan itu bisa tercermin dari Marga.

Kebiasaan menarik lain dari orang suku Batak adalah selalu menghargai sesama orang suku Batak terlebih jika sama-sama berada diperantauan. Emosional sesama orang Batak itu selalu ada dalam diri kami. Marga dapat menentukan bagaimana kami harus bersikap kepada orang yang baru dikenal. Ya, Marga menjadi modal utama untuk orang Batak dalam bergaul.

Sebutan LAE (panggilan untuk laki-laki) atau ITO (panggilan untuk perempuan) mungkin sudah akrab ditelinga Anda. Itulah cara kami bertegur sapah untuk orang Batak yang baru kami temui. Setelah terjadi komunikasi yang panjang, seterusnya kami akan tahu bagaimana bertegur sapah yang baik menurut tata cara orang suku Batak. Dan ini menjadi khas pembeda kami dengan suku lain yang sangat menonjol.

5. Marga adalah Saudara

Faktanya lagi, sesama orang Batak itu selalu bersaudara walaupun beda Marga.Tahu kenapa?

Silsilah, tarombo adalah hal yang menjadikan sesama orang Batak itu selalu bersaudara. Tarombo merupakan kebiasaan orang suku Batak dalam berkenalan, berdiskusi dalam suatu acara tertentu (arisan, pernikahan atau pesta adat). Dan ujung dari kegiatan Tarombo atau Martarombo ini pasti akan ditemukan sebuah ikatan persaudaraan antara sesama orang Batak.

Masih banyak hal-hal lain kenapa Marga sangat penting untuk orang Batak. Jika dijabarkan satu-persatu tidak akan selesai sama hal-nya dengan hubungan kekerabatan kami. Yang pasti, jalinan kekeluargaan dalam diri orang suku yang mendiami tanah Indonesia ini sangat kental! bahkan sudah dapat banyak pengakuan dari orang-orang suku lain.






Laek Ringo Star -
Beranda BatakUpdated at : 10:42 AM

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Sopan

Komentar tanpa Nama kurang disukai dan cenderung dihapus!.